Senin, 19 Juni 2017

Cegah Penyakit Diabetes dengan Pola Hidup Sehat

Posted by Bundamedik Healthcare System on 09.12 with No comments
90% Penderita diabetes tidak menyadari bahwa dirinya menderita salah satu penyakit yang cukup mematikan ini. Padahal, penyakit Diabetes yang memiliki komplikasi serius ini bisa dicegah, apabila ditangani sejak dini.

Penyebab utama Penyakit Diabetes adalah produksi Insulin di pankreas tidak normal atau terganggu. Insulin berfungsi untuk membawa glukosa (gula) dari aliran darah ke otot, liver, dan sel lemak. Apabila produksi insulin terganggu, maka kadar gula darah akan meningkat sehingga memicu terjadinya kerusakan jaringan dan perkembangan sel menjadi tidak maksimal.

Pada pasien diabetes tipe 1, pankreas tidak cukup menghasilkan insulin. Sedangkan pada Diabetes Melitus biasanya disebabkan karena gaya hidup tidak sehat, sehingga jumlah insulin yang dibuat pankreas sedikit, namun otot, liver, dan sel lemak menjadi resistan pada insulin sehingga tidak merespon.

Kadar gula darah yang tinggi akan mempercepat penuaan berbagai jaringan, memicu penyakit jantung, kerusakan saraf, stroke, dan luka sulit sembuh. Meski penyakit ini memang bisa jadi karena memang turunan, kegemukan, merokok, pola makan, kurang aktivitas fisik, juga bisa menjadi pemicu diabetes meski tidak ada riwayat diabetes di keluarga anda. Adapun Tips untuk mencegah Penyakit diabetes yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Melakukan meditasi untuk mengurangi stres, sehingga Hormon kortisol, epinephrine, dan glukagon terkontrol dan kadar gula darah juga akan normal.
  • Olahraga rutin setiap hari, atau melakukan aktivitas fisik untuk sensitivitas jaringan pada insulin dan mencegah kegemukan.
  • Konsumsi makanan alami  (buah, ikan, sayuran, kacang-kacangan, daging, dan biji-bijian), dan mengurangi asupan karbohidrat, daging olahan, gula tambahan.


















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.