Jumat, 03 Maret 2017

Obat Alami untuk sakit Kepala bagi Ibu Hamil

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.01 with No comments

Sakit kepala sering menyerang berbagai kalangan termasuk ibu hamil. Masa kehamilan adalah masa yang rentan dari berbagai gangguan fisik dan diharapkan ibu hamil dapat mengatasinya dengan baik dan benar serta mengunakan cara-cara yang aman dan alami, tidak serta merta menggantungkan kepercayaan pada obat-obatan kimia yang selalu memiliki efek samping dan bisa saja membahayakan kesehatan ibu hamil beserta janinnya. Obat sakit kepala untuk ibu hamil ternyata tidaklah sulit asal dilakukan dengan baik dan teratur sampai rasa sakit kepala benar-benar menghilang. Bahan-bahan dan langkah yang harus dilakukan cukup sederhana. Istirahat dengan cukup dan memakan makanan yang bergizi adalah salah satunya. Karena mencegah adalah lebih baik daripada mengobati, sebaiknya ibu hamil selalu memperhatikan kesehatannya agar tidak memancing terjadinya sakit kepala.

Mencegah sakit kepala pada mas kehamilan
  • Menghindari pemicunya. Sakit kepala bisa diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya karena mencium sebuah bau yang spesifik dan tidak enak di hidung, misalnya bau benda bau makanan atau makanan. Selain itu telat maan juga merupkan salah satu pemicu sakit kepala. Oleh karena itu makanlah yang teratur dan cukup sering meskipun tidak dalam porsi yang banyak. Hal ini dianjurkan untuk ibu hamil.
  • Menghindari aktivitas fisik yang terlalu membebankan. Ibu hamil dilarang untuk terlalu aktif dalam mempekerjakan fiisiknya tersebab ibu hamil lebih membutuhkan masa istirahat yang lebih banyak dan tidak menguras stamina. Meskipun dianjurkan untuk senam ringan dalam beberapa kali waktu untuk tetap menjaga tubuhnya bergerak. Mencegah lebih baik daripada nanti mencari obat sakit kepala untuk ibu hamil.
  • Melakukan relaksasi. Ibu hamil dianjurkan melakukan aktivitas relaksasi seperti melakukan yoga secara teratur untuk mengatur napas, hal ini berguna untuk membantu ibu hamil ketika persalinan kelak. Dan juga mengosongkan pikiran untuk membantu mengontrol pikiran agar bisa tenang.
  • Makanlah secara teratur dengan gizi cukup. Ibu hamil memerlukan asupan makanan yang lebih banyak daripada biasanya. Serta makanlah lebih sering dari biasanya namun jangan langsung terlalu banyak. Perhatikan asupan nutrisi yang masuk untuk bisa memenuhi kebutuhan ibu hamil serta janin yang tengah dikandungnya. Nutrisi yang cukup dan tepat juga berpengaruh pada rasa sakit kepala, sebab bisa saja terjadi karena kekurangan zat tertentu. Ini juga sekaligus merupakan obat sakit kepala untuk ibu hamil.
  • Meminum air putih yang banyak. Untuk menghindari dehidrasi, ibu hamil diharuskan untuk mengonsumsi air putih sebanyak delapan sampai sepuluh gelas dengan rutin. Salah satu ciri-ciri orang yang sedang hamil adalah sering buang air kecil, jangan khawatir dengan frekuensi yang meningkat tersebut karena ditambah keharusan meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh. Dnegan kebutuhan air yang penuh, kinerja tubuh akan berjalan dengan baik. Jangan lupa untuk menyertainya dengan sayuran hijau dan buah-buahan yang kaya akan vitamin agar tubu tetap terjaga kesehatannya sebab kinerja tubuh hampi semuanya mengandalkan asupan gizi, di samping pikiran yang harus tenang dan menghindari stres.
  • Mengatur jadwal tidur. Jadwal tidur penting bagi ibu hamil. Frekuensi tidur pun harus diperbanyak untuk mengistirahatkan badan dari segala aktivitas yang bisa membebankan tubuh.
  • Melindungi mata. Cahaya matahari yang terlalu menyinari ddan radiasi dari layar computer bisa menyebabkan mata kelelahan dan akibatnya kepala menjadi pusing. Oleh karena itu ibu hamil jangan terlalu sering terpapar sinar matahari dan berlama-lama di depan layar komputer untuk menghindari sakit kepala.
Obat sakit kepala untuk ibu hamil
Apabila rasa sakit di kepala terlanjur melanda dan susah dihindari, sebaiknya melakukan cara-cara di bawah ini untuk membantu mengobati sakit kepala pada ibu hamil.
  • Istirahat yang cukup. Sakit kepala bisa dikarenakan aktivitas yang terlalu melelahkan, oleh akrena itu dengan beristirahat yang cukup akan memulihkan energi serta menyegarkan kembali bagian-bagian tubuh terutama kepala yang terus menerus dipakai bekerja. Beristirahatlah dengan berbaring di tempat yang nyaman tanpa gangguan suara bising dan dengan cahaya yang redup supaya mata yang terpejam lebih tenang.
  • Kompres mata dengan kain yang dibasahi air hangat, kemudian juga bagian muka dan dahi, lalu lanjutkan pada bagian leher. Hal ini jadi salah satu obat sakit kepala untuk ibu hamil. Rasa sakit pada kepala akan berkurang karena bagian-bagian yang dikompres merasa terelaksasi.
  • Memijat tempat sakit kepala selama kurang lebih lima belas menit. Bisa juga dengan memijat lokasi antara jari telunjuk dan jempol kaki serta tangan sampai merasa sakit. Di samping itu juga bisa mencoba untuk mnegoleskan minyak peppermint pada tulang rahang, dahi, serta belakang leher. Minyak peppermint berguna untuk mengurangi rasa sakit serta merelaksasikan saraf dan memulihkan energi.
  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada badan untuk memudahkan pernapasan pada ibu hamil.
  • Menghirup uap air yang panas atau hangat. Bisa juga menambahkan aromaterapieucalyptus yang berfungsi untuk mengurangi sumbatan pada hidung dan mencegah terjadinya sakit kepala.
  • Meminum air hangat yang banyak. Bisa juga dengan menambahkan melon serta madu untuk mencegah datangnya radang tenggorokan. Serta sering-sering berkumur dengan menggunakan campuran air hangat dan garam.
Itulah beberapa cara pencegahan serta obat sakit kepala untuk ibu hamil. Usahakan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan kimia selama masa kehamilan, karena sesungguhanya sakit kepala merupakan kategori sakit yang bisa diatasi dengan cara-cara yang sederhana dan alami. Biasanya sakit kepala sering terjadi ketika masa kehamilan trimester pertama mungkin disebabkan karena pada masa awal kehamilan adalah masa tubuh masih beradaptasi dengan perubahan-perubahan fisik serta fisik sang ibu. Namun apabila sakit kepala tidak kunjung pulih meskipun telah dilakukan usaha-usaha yang telah dijelaskan, sebaiknya pergilah ke dokter karena bisa jadi sakit kepala tersebut adalah sebuah tanda dari penyakit lain yang lebih serius.

















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.