Senin, 17 Juli 2017

Anemia Pada Ibu Hamil

Posted by Bundamedik Healthcare System on 09.35 with No comments
Saat hamil terutama pada trimester pertama kehamilan sel darah merah yang ada di dalam tubuh Anda diprioritaskan untuk pembentkan janin. Sehingga ini akan membuat ibu hamil lebih rentan terkena anemia. Anemia lebih populer dengan nama kurang darah, oleh karena itu, jika Anda memiliki riwayat anemia sebaiknya Anda mulai mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Salah satu penyebab anemia saat hamil adalah penolakan berbagai macam asupan makanan dikarenakan adanya morning sickens atau mual dan muntah.

Pada umumnya, ada beberapa gejala anemia yang sering terjadi seperti kepala pusing, wajah pucat, nafsu makan berkurang, mudah mengantuk, mudah terasa capek serta detak jantung terasa lebih cepat dari biasanya. Jika dilihat dari penyebabnya, ada beberapa jenis anemia yaitu ;

Kekurangan Zat Besi, Anemia jenis ini disebabkan karena ibu hamil kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Jenis anemia ini paling sering ditemui dalam kehamilan terutama pada trimester pertama hingga ketiga kehamilan.

Anemia Hemolitik, Pada umumnya jenis anemia ini sangat jarang ditemui pada wanita Indonesia. Anemia jenis ini disebabkan karena penghancuran sel darah merah lebih cepat dibandingakn dengan pembuatannya. Sehingga jika Anda mengalami jenis ini dapat dilakukan tranfusi darah agar mencegah janin agar tidak kekurangan oksigen.

Anemia Hipoplastik, Penyebab utama dari anemia jenis ini adalah karena sinar ronten, obat-obatan serta racun, sehingga ini menyebabkan sumsum tulang tidak mampu membuat sel-sel baru. Untuk mengatasi anemia ini, ibu hamil dapat melakukan tranfusi darah berulang kali.

Anemia Megaloblastik, Anemia ini disebabkan karena kurangnya asam folat dalam tubuh. Anda dapat melakukan tranfusi darah untuk menggantikan darah dalam tubuh. Setelah menngetahui beberapa jenis dari anemia berikut adalah cara mengatasi anemia pada ibu hamil.

Cara Mengatasi Anemia 

Mengonsumsi Sari Kurma
Cara yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi sari kurma. Selain enak untuk dikonsumsi buahnya, sari dari buah kurma juga sangat baik untuk mengatasi anemia. Kandungan zat besi pada sari kurma dapat membantu Anda untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Selain itu, buah kurma juga dipercaya dapat menjaga kesehatan janin.

Mengonsumsi Sayuran
Sayuran memang dikenal sebagai makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya yaitu untuk mengatasi anemia. Jenis sayuran yang kaya akan zat besi adalah bayam dan juga brokoli. Selain mengandung zat besi sayuran tersebut juga kaya akan asam folat yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak untuk calon buah hati.

Mengonsumsi Pisang
Selain mengandung pottasium yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung, pisang juga mengandung kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi serta kaya akan asm folat untuk merangsang kecerdasan otak dan menurunkan resiko bayi terlahir cacat.

























0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.