Rabu, 28 Juni 2017

Kehamilan Dengan Ketuban Pecah Dini

Posted by Bundamedik Healthcare System on 09.36 with No comments
Pengeluaran air ketuban (amnion) sebagi­an besar terjadi menjelang persalinan de­ngan pembukaan mendekati lengkap. Oleh karena pembukaan lengkap menye­babkan selaput bagian depan menonjol dan merupakan bagian paling lemah dan dapat menyebabkan selaput pecah dengan mengeluarkan air.

Selama terjadi his (kekuatan kontraksi untuk melahirkan) selaput janin menjadi pelindung bagian terendah, sedangkan air ketuban yang keluar setelah selaput pecah menjadi sarana penting persalinan yaitu untuk melicinkan jalan lahir, bersifat anti­biotika sehingga jalan lahir steril. Sebab terjadinya ketuban pecah (selaput janin) diantaranya karena trauma langsung padaperut ibu, kelainan letak janin dalam ra­him, atau pada kehamilan grande multi­para (hamil lebih dari lima kali).

Pecahnya selaput janin memberikan pertanda bahaya dan memberi kesempat­an infeksi langsung pada janin. Disamping itu gerak janin makin terbatas, sehingga pada kehamilan kecil mungkin dapat ter­jadi deformitas. Dengan pecahnya selaput janin dapat diikuti oleh prolapses (kelu­arnya) bagian janin seperti tali pusat, La­ngan, atau kaki. Oleh karena itu bila berhadapan dengan kehamilan dengan mengeluarkan air apalagi belum cukup bulan hares segera datang ke rumah sakit dengan fasilitas yang memadai.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.