Rabu, 21 Maret 2018

Memahami Nyeri Tulang Belakang

Posted by Bundamedik Healthcare System on 11.05 with No comments
Nyeri tulang belakang disadari maupun tidak disadari telah menjadi masalah umum bagi kebanyakan orang sehingga dapat mempengaruhi kondisi di beberapa titik tubuh dalam beraktifitas keseharian. Sehingga bisa muncul gejala seperti terasa nyeri, mati rasa, maupun kesemutan. Hal ini dapat mengakibatkan turunnya derajat kualitas dan aktifitas seseorang. Karena itu kita perlu Belajar Anatomi Tulang Belakang untuk Memahami Nyeri Tulang Belakang.

Kegiatan umum keseharian di rumah atau di tempat kerja sering menjadi pemicu nyeri tulang belakang, tetapi masyarakat sering mengabaikan keluhan yang dialami menyebabkan rasa nyeri dapat berkembang dari waktu ke waktu, seperti kasus keseleo kecil, strain atau cidera, maupun keluhan umum yang lebih berat biasa dikeluhkan masyarakat yakni saraf kejepit. Beberapa aktifitas keseharian yang mungkin memicu keluhan nyeri tulang belakang seperti postur tubuh yang buruk saat duduk atau berdiri, membungkuk canggung, atau posisi mengangkat yang salah.

Tulang belakang merupakan susunan tulang di bagian belakang tubuh yang terdiri dari 33 bagian tulang, dan memiliki terowongan tempat jalannya sumsum tulang belakang yang berisi serabut saraf.
Tulang belakang tersusun dari kombinasi luar biasa dari tulang yang kuat, ligamen fleksibel dan tendon, otot-otot besar dan saraf yang sangat sensitif. Di tulang belakang inilah tersimpan dan terlindung saraf-saraf penting dengan baik. Karena kesalahan kecil menyebabkan kerusakan atau berakibat berbagai macam.

Anatomi Tulang Belakang
Keluhan nyeri tulang belakang dan saraf tulang belakang sering terjadi pada adalah nyeri punggung dan nyeri menjalar (radikular) ke kaki dan lengan maupun keluhan ketegangan otot. Nyeri tulang belakang dapat berlangsung secara mendadak berasa nyeri atau tegang singkat selama 4-6 minggu atau berasa keluhan berlangsung panjang bahkan menahun lebih dari 6 minggu sampai seumur hidup.
Keluhan ringan nyeri tulang belakang yang diabaikan dapat meningkatkan keluhan seperti kram dan kesemutan, sampai rasa tebal disertai kelemahan anggota gerak kaki dan atau tangan keluhan yang sudah menganggu aktivitas sehari-hari, gangguan buang air besar dan kecil, disfungsi seksual, osteoporosis, infeksi, tumor atau kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis) maupun kelumpuhan parsial/total di kaki merupakan masalah lain yang juga dapat ditemui pada kasus tulang belakang dan saraf tulang belakang meningkat ke kondisi akut.

Ada empat daerah utama tulang belakang, yaitu Servikal, Thorakal, Lumbal dan Sakral

1. Leher ( Servikal )
Tulang Leher ( Servikal) merupakan bagian dari tulang belakang bagian atas yang berperan mendukung berat kepala dan melindungi saraf yang berasal dari otak ke seluruh tubuh.
Nyeri Tulang Belakang di bagian leher yang dirasakan sebagai nyeri leher akut, paling sering disebabkan oleh regangan otot, ligamen atau tendon. Penyebabnya antara lain oleh tekanan yang tiba-tiba atau tegang leher. Nyeri tulang belakang pada nyeri leher ini jika hanya karena tegang otot biasanya akan sembuh dalam waktu singkat dan hanya memerlukan perawatan non-bedah untuk meringankan sakit leher (seperti dengan es / panas, obat, fisioterapi, relaksasasi dll).

2. Thorakal
Punggung atas tidak dirancang untuk gerakan, sehingga kerusakan pada tulang belakang bagian dada langka terjadi. Namun nyeri punggung atas di dada belakang dapat juga terjadi karena iritasi saraf mau pun bengkoknya tulang belakang dada atau infeksi tulang belakang (umumnya karena tbc/tuberkulosa )

3. Lumbal (Tulang Punggung Bawah)
Sebagian besar nyeri punggung bawah disebabkan oleh ketegangan otot. Trauma pada otot dan jaringan lunak lainnya (ligamen, tendon) punggung bawah dapat menyebabkan sakit punggung parah. Sebagian lagi karena nyeri saraf yang terjeit oleh bantalan tulang (slip disk / HNP).

4. Sakral (tulang belakang diatas ekor)
Di bawah tulang belakang lumbal terdapat tulang yang disebut sakrum, yang membentuk bagian belakang panggul. Tulang ini berbentuk seperti segitiga di antara kedua bagian panggul, yang menghubungkan tulang belakang ke bagian bawah tubuh. Sakrum terhubung ke bagian panggul (tulang iliaka) dengan sendi sakroiliaka. Nyeri di sakrum sering disebut disfungsi sendi sakroiliaka, dan lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Tulang ekor terdapat di bagian paling bawah dari tulang belakang. Nyeri tulang ekor disebut coccydynia yang lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

RSU Bunda  Jakarta merupakan fasilitas kesehatan dengan menyediakan pelayanan medis berkualitas meliputi layanan spesialis dan sub-spesialis, peralatan medis terkini dan bedah terbaik kepada masyarakat. RSU Bunda Jakarta terus mengembangkan layanannya dengan Tim Dokter yang handal salah satunya adalah Tim Brain & Spine ( Dokter Spesialis Bedah Saraf).























0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.