Selasa, 20 Maret 2018

Beberapa Macam Alergi pada Anak

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.54 with No comments
Alergi pada anak sudah tidak asing lagi bagi kita. alergi tidak hanya pada satu bagian tubuh saja melainkan bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh yang lain. Berikut macam-macam alergi dan penjelasannya:

Alergi pencernaan, Alergi dalam pencernaan umumnya terjadi pada bayi usia 1-2 tahun di mana umumnya alergi tersebut di sebabkan dari asupan makanan atau minuman. Bentuk alerginya biasanya di tunjukkan seperti diare ataupun muntah. Cara mengatasinya yakni di berikan oralit dan banyak minum. Jika masih di beri ASI maka berilah ASI sesering mungkin.

Alergi pada saluran pernafasan, Umumnya alergi ini di sebabkan karena udara yang mengandung debu, bahkan cuacapun bisa menjadi pemicunya seperti musim pancaroba. Alergi pada saluran pernafasan biasanya terjadi pada usia balita. Bentuk alerginya yakni asma, hidung gatal, bersin-bersin dan ingus meler. Bentuk alergi yang khas ialah anak menderita sesak nafas. Jika di ketahui tiba-tiba anak menderita gejala seperti tersebut sebaiknya jangan mengobati sendiri. Alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Alergi pada kulit, Kulit terasa gatal di sertai kemerahan itu merupakan bentuk alergi yang terjadi pada kulit. Umumnya kulit yang terserang alergi ialah kulit yang tegolong kering. Penyebab alergi ini ialah debu, jamur, tungau bahkan juga bisa dari makanan. Alergi kulit yang terjadi pada anak membuat siklus hidupnya menjadi terganggu terutama saat tidur. Rasa gatal membuat kulit tidak nyaman sehingga tidak dapat tidur dengan nyenyak. Bahkan anak yang menderita alergi kulit akan rewel karena rasa gatal yang tidak nyaman. Alergi ini bisa di atasi dengan bedak anti gatal, namun hanya sementara yakni bedaknya luntur kulit akan kembali gatal. Alangkah baiknya konsultasikaian kepada dokter.

Alergi pada pagi hari (rinitis), Alergi ini tergolong alergi ringan. Di mana alergi ini di sebabkan karena cuaca dingin di pagi hari, pergantian cuaca bisa juga terjadi karena udara yang di penuhi tungau atau debu. Bentuk gejala alergi ini ialah bersin-bersin khususnya di pagi hari , hidung terasa gatal, dan hidung mengeluarkan ingus yang bening. Biasanya alergi ini akan hilang di waktu siang hari.

Alergi pada mata, Alergi mata berhubungan erat dengan alergi hidung, di mana pada saat bersin-bersin mata akan menjadi merah dan berair. Alergi ini di sebabkan adanya kontak dengan lingkungan luar yang banyak debu, polusi dan sebagainya. Penanganan alergi mata yakni di hilangkan pencetusnya.


















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.