Senin, 16 Januari 2017

Pemeriksaan USG 2D, 3D, 4D Untuk Kehamilan

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.08 with No comments

USG merupakan pengecekan keadaan bayi dalam rahim memakai gelombang bunyi frekuensi tinggi. USG paling tidak sebelum masa kandungan berumur 3 bulan guna memastikan umur kandungan serta letak janin, kemudian ketika trimester kedua guna melihat kemungkinan adanya kelainan. Manfaat USG 4 dimensi, 3 dimensi atau 2 dimensi pada dasarnya sama cuma makin besar dimensi maka visual yang terlihat akan makin detil.  

Di umur kandungan 18 sampai 23 minggu, cacat struktural janin mampu dikenali. Di umur kandungan 30 hingga 34 minggu bisa dideteksi bila terjadi kelainan letak ataupun kelainan pertumbuhan, tali pusar, plasenta sekaligus memeriksa kecukupan air ketuban. Standar USG sendiri cuma 2 dimensi. Namun akhir-akhir ini berkembang menjadi 3 dimensi dan 4 dimensi.

Menggunakan USG 2D biasanya cuma memperlihatkan tampilan janin yang datar dan cuma garis besarnya saja dengan begitu cuma diketahui dokter pemeriksa. Namun hasil USG 2D ini masih dapat difungsikan untuk mengamati beberapa organ dalam janin. Untuk pemeriksaan awal pada trimester pertama seringnya dokter memakai USG 2D. Dalam hasil USG 2D ini tampilan yang tampak akan terlihat samar, kendati gerakan janin tetap bisa termonitor. Namun apabila dokter mencurigai munculnya kelainan, umumnya dianjurkan untuk menjalani USG berdimensi 3 atau 4.

Pada pengecekan USG 3 dimensi akan memperlihatkan tampilan bayi yang detil. Di samping itu gambar yang diperoleh pun dapat dipahami ibu hamil atau anggota keluarga lain. Anatomi tubuh janin pun lebih jelas terlihat seperti bisa mengenali kelainan bibir sumbing. Untuk pengecekan dengan USG 4 dimensi visual yang diperoleh makin detil dan persis dan dapat bergerak layaknya melihat film. USG 4D pun bisa menyajikan gambar anggota tubuh dengan detil, contohnya hidungnya mancung atau tidak. Juga kegiatan janin misalnya tengah mengisap jari, menguap ataupun menggerakkan jari kakinya. Di samping itu pemeriksaan 4D ini bisa mengenali cacat yang ada lebih belia, dengan begitu pengobatan akan lebih terukur. Cacat yang bisa dikenali misalnya kelainan plasenta atau mengenali terjadinya kehamilan ektopik. Manfaat USG 4 dimensi lainnya adalah keluarga dapat memperoleh film janinnya berbentuk CD.

Oleh sebab itu bila ingin menjalani USG 3D atau 4D, ada baiknya dilaksanakan sesudah bentuk janin dapat dideteksi atau didapatknnya cacat janin. Hal tersebut akan menjadikan pemeriksaan USG 3D atau 4D jadi lebih berguna dan tak sekedar membuang uang. Penting diingat bila hendak menjalankan pemeriksaan USG 3D atau 4D yakni akreditasi dokter pemeriksa. Hendaknya USG 3 dimensi atau 4 dimensi dijalankan oleh dokter yang mempunyai sertifikat.



















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.