Selasa, 10 Januari 2017

Kenali Kehamilan Ganda

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.21 with No comments
Kehamilan ganda sering terjadi dengan frekuensi 1 : 89 kehamilan. Kehamilan gan­da sejak umur muda sudah dapat ditetap­kan dengan jalan melakukan pemeriksaan USG. Faktor yang dapat menyebabkan hamil ganda adalah faktor bangsa sering mempunyai hamil ganda yang tinggi, pe­makaian obat perangsang indung telur, faktor keturunan dalam keluarga.

Bentuk hamil ganda dapat terjadi bera­sal dari satu telur mempunyai ciri seks yang sama, bentuk dan raut wajah sama, garis tangan dikatakan sama. Dan jika berasal dari dua telur  dengan ciri bentuk tidak sama, jenis kelamin dapat sama/berbeda.

Bagaimana menduga kemungkinan kehamilan ganda. Seseorang yang men­duga dirinya mempunyai kehamilan gan­da adalah faktor keturunan dalam keluar­ga dengan hamil ganda, perut cepat mem­besar, keluhan hamil muda lebih berat, dirasakan bahwa gerak janin dalam rahim banyak. Sebagian besar dokter atau bidan dalam melakukan pengawasan hamil sudah dapat menetapkan kehamilan gan­da, sehingga akan lebih berhati-hati dalam persiapan pertolongan persalinan.

Bagaimana ibu berhadapan dengan ke­hamilan ganda? Bila dokter atau bidan telah menetapkan kehamilan ganda se­bagian besar menganjurkan untuk mela­hirkan di tempat yang mempunyai fasili­tas. Sebaiknya ibu meminta agar persalin­an di tempat dengan fasilitas cukup. Laku­kan pemeriksaan hamil lebih sering (bi­asanya dianjurkan) sehingga bila terjadi penyulit dapat ditegakkan secara dini. Pengalaman menunjukkan persalinan hamil ganda tidak terlalu banyak dijumpai kesulitan, tetapi anjuran untuk bersalin di tempat dengan fasilitas cukup tetap selalu ditekankan.


























0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.