Senin, 18 Oktober 2021

Perlunya ASI Eksklusif Bagi Buah Hati Anda

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.58 with No comments
Diet setelah melahirkan memerlukan nilai makanan yang cukup tinggi karena diperlukan untuk dapat memberi­kan ASI. Makanan secara medis tidak ada yang dilarang kecuali memang ada alergi makanan tertentu. Konsep empat sehat lima sempurna sangat diperlukan untuk ibu menyusui. Kini juga telah banyak di­jual kemasan susu khusus untuk ibu hamil dan menyusui.

Memberikan ASI pada bayi merupa­kan proses alami sebagai kewajiban se­orang ibu yang mengasuh anaknya. Dari sudut bayi adalah hak bayi untuk menda­patkan ASI karena banyak ASI makanan utama umur 0-4 bulan pertama kehi­dupannya. Proses alami untuk memberi­kan ASI sudah mulai saat terjadi keha­milan, karena bersamaan dengan hamil, payudara telah disiapkan setelah bayi lahir untuk segera memberikan ASI. Itulah sebabnya pada waktu melakukan pengawasan hamil, bidan atau dokter melaku­kan pemeriksaan payudara untuk menilai kesiapan memberikan ASI, terutama memberikan petunjuk tentang perawatan puting susu sehingga baik dan siap untuk menyalurkan ASI.

Puting susu yang masuk kedalam se­baiknya ditarik dengan tangan atau me­makai pompa susu, dalam keadaan yang sangat jarang diperlukan tindakan operasi untuk mengeluarkan puting sususetelah persalinan terdapat proses pembentukan dan pengeluaran ASI. Proses pembentuk­an ASI dapat dipercepat dengan segera menetekkan langsung bayi yang baru la­hir, malah sebelum pemotongan tali pusat.

Kini pemberian ASI digalakkan kembali oleh karena ternyata memberikan ASI mempunyai keuntungan dan keung­gulan jauh lebih besar dari memberikan susu formula. Keuntungan bagi bayi yang menggunakan ASI adalah tumbuh-kem­bangnya lebih sempurna, mengurangi terjadi infeksi, mengurangi diare, bertindak sebagai pencegah penyakit infeksi tertentu selama enam bulan pertama kehidupan bayi. Sedangkan keuntungan bagi ibu ada­lah mempercepat proses pengembalian ra­him keukuran semula, bertindak sebagai metode KB sekitar empat bulan pertama, dan dapat menghindari keganasan payu­dara.

Dianjurkan untuk memberikan ASI selama dua tahun, sekalipun diketahui bahwa setelah 3-4 bulan saja tidak cukup diperlukan pemberian makanan tambahan seperti air buah dan buah, sehingga kebu­tuhan bayi dapat terpenuhi dengan men­dapatkan jumlah kalori cukup dan bahan lain untuk pertumbuhan dan perkem­bangannya.



0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.