Senin, 07 Agustus 2017

NICU Sahabat Bagi Bayi Masalah

Posted by Bundamedik Healthcare System on 07.55 with No comments
Noenatal Intensive Care Unit (NICU) merupakan ruang intensif untuk merawat bayi prematur atau bayi baru lahir sampai usia 28 hari yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus. Bayi-bayi ini adalah bayi dengan risiko tinggi. Bayi berisiko tinggi memiliki kemungkinan besar meninggal atau menderita sakit.

Berbagai kondisi bayi yang harus dirawat di ruang NICU, diantaranya:

Respiratory Distress Syndrome (RDS) Masalah umum yang dialami balita adalah sulit bernapas. Kondisi ini disebabkan sindrom distress pernapasan (RDS). Umumnya bayi dibantu dengan mesin pernapasan.

Infeksi. Infeksi dapat menjadi ancaman bagi bayi lahir prematur. Kondisi ini akibat, bayi belum mampu melawan kuman yang masuk ke tubuhnya. Infeksi ini bisa berasal dari ibu sebelum, selama proses persalinan atau setelah kelahiran.

Patent Ductus Arteriosus. Kondisi belum tertutupnya ductus arteriosus (pembuluh darah pendek menghubungkan pembuluh darah utama untuk memasok dari paruparu ke aorta-pembuluh darah utama yang meninggalkan jantung). Keadaan ini menyebabkan kesulitan bernapas dan terkadang gagal jantung.

Sepsis adalah infeksi berat yang umumnya disebabkan bakteri pada bayi, dan dapat mengakibatkan komplikasi serius pada ginjal, paru-paru, otak, pendengaran dan dapat pula mengakibatkan kematian.

Jaundice. Penguningan kulit atau pada putih mata menandakan kelebihan bilirubin dalam darah.

NICU memiliki bermacam alat seperti alat pernafasan-ventilator (alat penukar udara kotor dengan bersih. Alat ini dipasang di mulut yang dilengkapi selang kecil yang akan memasukkan udara ke dalam paru-paru); Continuous Positive Airway Pressure (CPAP), dua selang kecil yang dimasukkan ke hidung agar udara terdorong masuk ke paru-paru.

alat pengontrol detak jantung; pengatur suhu; inkubator-Ruangan berdinding kaca yang suhunya bisa diatur agar tetap hangat; Monitor. Setiap waktu bayi dipantau dengan cermat. Pertama, monitor saturasi oksigen yang diikat di tangan atau kaki untuk memantau kadar oksigen darah. Kedua, monitor tanda-tanda vital yang direkatkan di dada untuk memantau laju pernapasan, denyut jantung, suhu, dan tekanan darah, dan lain-lain.

Tak hanya itu. Dokter dan perawat yang benar-benar ahli yang akan mengontrol kesehatan bayi secara intensif selama 24 jam.

Jenis perawatan di NICU disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Terdapat beberapa level perawatan. Sebut saja:
  • Perawatan level l: Perawatan ini diperuntukkan bayi sakit ringan dan tidak memerlukan infus.
  • Perawatan level 2. Layanan ini diberikan kepada bayi sakit sedang dan perlu inkubator, infus, oksigen, dan monitor jantung dan paru.
  • Perawatan level 3. Jenis perawatan ini dilakukan terhadap bayi sakit berat yang perlu penanganan dan pemantauan ketat, serta perawatan bayi prematur dengan usia kehamilan < 34 minggu atau berat badan (BB) < 510 gram.
Bayi harus segera dirawat di NICU apabila:
  • Bayi lahir prematur
  • Berat badan lahir rendah
  • Bayi yang lahir dari ibu dengan risiko tinggi. Contoh: Hipertensi atau kejang
  • Timbul kelainan setelah beberapa saat dilahirkan.

















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.