Senin, 07 Agustus 2017

Senam Hamil dan Kelas Kehamilan

Posted by Bundamedik Healthcare System on 07.57 with No comments
Ketika memasuki trisemester ketiga kehamilan, anda tentunya sudah memilih rumah sakit tempat anda melahirkan. Biasanya di rumah sakit tertentu menawarkan kelas kelahiran. Kelas kelahiran adalah suatu program pelatihan untk mengahadapi kelahiran dibawah bimbingan dokter kandungan atau bidan yang sudah berpengalaman. 

Tujuannya agar anda siap dalam mengahadapi perrsalinan, baik secara fisik maupun psikis. Memang tidak ada keharusan untuk mengikuti kelas kelahiran ini. Tetapi jika memang memungkinkan ada baiknya anda mengikutinya, khususnya bagi anda yang baru pertama hamil. Kelas kelahiran memberikan banyak informasi penting dan lengkap menangani berbagai kemungkinan yang bisa terjadi saat melahirkan. selain itu anda juga akan dilatih untuk menghadapi setiap situasi yang dihadapi dengan benar.

Pengetahuan tentang kelahiran ini penting untuk mempersiapkan fisik dan psikologis anda tentang proses melahirkan yang sering kali membuat ibu hamil ketakutan akan rasa nyeri dan menyakitkan akibat melahirkan. Melahirkan itu memang nyeri, namun jika diikuti dengan rasa takut justru akan mempengaruhi keadaan. Kelas kelahiran berusaha mematahkan hubungan antara rasa nyeri-takut tersebut. disamping itu anda juga akan diberikan informasi mengenai penggunaan teknologi di rumah sakit bersalin dan cara yang tepat untuk memanfaatkan teknologi tersebut, sehingga memeudahkan bagi anda untuk mempertimbangkan perlu tidaknya anda menggunakan teknologi tersebut.

Dengan informasi lengkap yang anda terima diharapkan akan memberi dukungan secara psikologis. Disana anda juga akan bertemu dengan ibu-ibu lain yang sedang menghadapi kondisi yang sama dengan anda, sehingga anda bisa saling bertukar informasi dan pengalaman lainnya. Biasanya berbicara dengan orang-orang yang berada dalam kondisi yang sama dengan kita juga akan memberi dukungan psikologis. Dukungan psikologis yang anda dapatkan diharapkan dapat memberikan ketenangan batin dan menambah rasa percaya diri dalam menghadpi proses persalinan.

sedangkan persiapan fisik yang akan anda dapatkan adalah latihan-latihan fisik atau senam bagi ibu hamil yang ditujukan untuk mengatasi rasa nyeri saat melahirkan. Secara rinci tujuan utama persiapan fisik dengan senam hamil ini adalah:
  1. Melatih dan menguasai teknik pernapasan yang sangat penting selama masa kehamilan dan proses persalinan.
  2. Memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut, otot-otot paha bagian dalam,otot panggul, dan lemaran ligamentum (penghubung antar tulang), sehingga lebih siap untuk melakukan proses kontraksi dan relaksasi saat persalinan.
  3. Melatih sikap tubuh yang benar selama masa kehamilan, untuk menghindari keluhan-keluhan yang timbul karena perubahan bentuk tubuh seperti sakit pinggang, sakit punggung, dan kram.
  4. Menciptakan relaksasi tubuh, dengan latihan kontraksi dan relaksasi. Relaksasi sangat diperlukan selama kehamilan dan proses persalinan.
  5. Mencegah cacat pada kaki akibat varises, dan memelihara fungsi kaki dengan latihan yang bisa menghindari dan mengatasi rasa nyeri dan bengkak.
















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.