Selasa, 02 Mei 2017

Kematian Janin Dalam Kandungan

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.44 with No comments
Setelah umur hamil diatas 16 minggu, dapat dirasakan gerak janin dalam rahim yang disebut "quickening" sebagai gerakan pertama. Gerakan janin merupakan tanda penting bahwa janin hidup sehat dan meminta perlindungan dengan jalan penga­wasan hamil yang teratur.

Dalam menunjukkan rasa kasih sayang sering bapaknya ikut serta meraba dan merasakan gerak janin itu. Bagi ibu yang sensitif dapat dirasakan gerak janin berkurang atau menghilang dan mendo­rongnya untuk segera memeriksakan diri. Ada kemungkinan gerak janin berkurang setelah kepala janin masuk pintu atas panggul, karena bagian terendah terfiksasi. Dengan berkurang atau menghilangnya gerak janin dapat menjadi pertanda bahwa janin mengalami kematian dalam rahim.

Janin yang telah mati dalam rahim segera harus dikeluarkan karena dapat menimbulkan gangguan pembekuan darah dan dapat menimbulkan infeksi dalam rahim. Oleh karena terdapat bahaya yang mengancam keselamatan ibu maka pertolongan persalinan dengan kematian janin dalam rahim memerlukan persiapan khusus. Bahaya gangguan pembekuan darah pada kematian janin melewati wak­tu 12 minggu dan bahaya infeksi tidak boleh terjadi. Pengalaman menghadapi ibu hamil, dengan berkurangnya gerakjanin sudah mendorong ibu untuk peme­riksaan. Oleh karena itu menjelang ke­hamilan cukup bulan pemeriksaan hamil dilakukan lebih sering dengan interval seminggu sekali.















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.