Selasa, 02 Januari 2018

Epilepsi yang Sulit Diobati (Epilepsi Refrakter)

Posted by Bundamedik Healthcare System on 08.30 with No comments
Epilepsi adalah salah satu penyakit neurologi menahun yang dapat mengenai siapa saja di dunia tanpa batasan usia, gender, ras, social dan ekonomi. Menurut data dari International League Againts Epilepsy, di dunia terdapat 60 juta orang dengan epilepsy.

Pada suatu serangan epilepsy, terjadi aktivitas listrik abnormal di otak kita, dengan bentuk manifestasi berupa serangan – serangan kejang atau bentuk lai seperti perubahan tingkah laku, perubahan kesadaran dan perubahan – perubahan lain yang hilang timbuk, baik yang terasa atau terlihat.

Pengobatan epilepsy yang utama adalah dengan obat anti epilepsy (OAE). Umumnya 70 % bangkitan dapat teratasi dengan 1 jenis OAE, sedangkan 30% sulit diatasi meskipun dengan 3 atau lebih OAE. Bila ODE sudah mendapatkan terapi yang tepat/sesuai dengan jenis epilepsinya dan mendapat dosis yang optimal tapi serangan masih belum teratasi, maka dapat kita sebut sebagai epilepsy refrakter atau epilepsy yang sulit diobati.

Alternatif pengobatan epilepsy saat ini selain obat dapat melakukan diet ketogenik (terutama pada anak), Vagal Nerve Stimulation (VNS), bedah epilepsy.

Tidak semua ODE dapat menjadi kandidat untuk bisa di operasi. Jenis epilepsy yang bisa ditangani dengan pembedahan dan dengan  hasil yang sangat baik antara lain adalah jenis epilepsy fokal (misalnya : epilepsy yang sumber lonjakan listriknya di daerah otak samping / lobus temporal), atau kelainan congenital seperti cortical dysplasia. Ada pula yang ternyata hasil MRI otak ditemukan tumor atau kista, juga dapat dilakukan pembedahan.

Untuk memutuskan ODE dapat dilakukan bedah epilepsy atau tidak harus melalui berbagai macam pemeriksaan yang akan dilakukan oleh seorang dokter saraf yang mendalami kekhususan di bidang epilepsy.Sedangkan untuk dapat dioperasi haruslah terdapat kesesuaian antara bentuk bangkitan epilepsy dengan hasil EEG dan MRInya.

RSU Bunda  Jakarta merupakan fasilitas kesehatan dengan menyediakan pelayanan medis berkualitas meliputi layanan spesialis dan sub-spesialis, peralatan medis terkini dan bedah terbaik kepada masyarakat. RSU Bunda Jakarta terus mengembangkan layanan nya dengan Tim Dokter yang handal salah satunya adalah Tim Dokter Spesialis Saraf.

Informasi lebih lanjut : 
RSU Bunda Jakarta 
Jl Teuku cik ditiro No 21 Menteng Jakarta Pusat 
021-31923344 
Ext 6214 

























0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.