Senin, 16 Oktober 2017

Ketika dokter mem vonis miom, apa yg harus dilakukan ?

Posted by Bundamedik Healthcare System on 07.33 with No comments
Mioma uteri sering muncul multipel pada satu rahim, sehingga rahim terlihat berbenjol-benjol. Kadang dapat terlihat satu mioma uteri ukuran besar atau kadang pada pasien lain dapat terlihat rahim dengan beberapa miom kecil.  

Penyebab dari mioma uteri masih bervariasi, namun sarang atau sumber mioma uteri diduga sudah ada sejak seorang wanita berusia 20 tahunan. Karena faktor-faktor tertentu, maka ada yang berkembang dan bertumbuh. Oleh karena itu pemeriksaan kandungan rutin merupakan salah satu usaha untuk mendeteksi mioma uteri.

Berikut adalah faktor-faktor yang diketahui dapat meningkatkan resiko terkena mioma uteri: 
  1. Umur : sebagian besar wanita usia subur memiliki sarang atau sumber miom di rahimnya, namun biasa ditemukan mulai membesar pada usia 30-40 tahun. Saat telah menopause, maka mioma uteri dapat mengecil namun tidak mencapai ukuran normalnya.
  2. Riwayat Keluarga : seorang wanita dengan riwayat keluarga mengenai mioma uteri, maka akan ada peningkatan resiko terkena mioma uteri. Terutama bila ibu seorang wanita memiliki mioma uteri, maka risiko wanita tersebut memiliki mioma uteri akan meningkat 3 kali lipat.
  3. Ras : Diketahui ras afro-amerika memiliki resiko terkena mioma uteri lebih tinggi daripada wanita caucasian (kulit putih)
  4. Obesitas : Obesitas (Kegemukan) meningkatkan resiko terkena mioma uteri. Pengelompokkan seseorang termasuk kelompok obesitas atau normal adalah berdasarkan perhitungan Indeks Masa Tubuh
  5. Pola Makan : Konsumsi daging merah diketahui meningkatkan resiko terkena mioma uteri. Oleh karena itu, saya selalu menganjurkan pasien untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan. Tidak perlu menjadi vegetarian, namun meningkatkan asupan buah dan sayur akan meningkatkan kualitas hidup anda.
  6. Kehamilan : Kehamilan dapat meningkatkan ukuran mioma uteri secara signifikan.Mioma uteri memiliki reseptor terhadap etrogen di permukaan sel-selnya, kondisi hiperestrogenik dan hiperprogesteron dalam kehamilan akan meningkatkan ukuran dari mioma uteri.

Mioma uteri seringkali tidak bergejala. Biasanya gejala baru timbul setelah diketahui ada penekanan dari mioma uteri ke organ di sekitarnya seperti usus, saluran kencing atau kantung kencing sehingga memunculkan sensasi berat atau penuh di perut bawah. Benjolan di perut dapat dirasakan saat rahim sudah berukuran besar. Beberapa wanita dengan mioma uteri sering juga datang dengan keluhan perdarahan haid banyak, baik dengan rasa nyeri maupun tanpa rasa nyeri. Selain itu, wanita dengan mioma uteri kadang memiliki kesulitan untuk hamil. 

Bagaimana pengobatannya? Pengobatan mioma uteri tergantung dari apakah fungsi kesuburan masih diperlukan atau tidak, ukuran mioma uteri,keluhan yang ditimbulkan dan lokasi dari mioma uteri. 

Metode operasi merupakan metode yang dilakukan untuk mengangkat mioma uteri dari rahim. Atau bila fungsi kesuburan sudah tidak diperlukan, maka pengangkatan rahim dapat dilakukan sesuai kebutuhan pengobatan. Metode operasi konvensional (laparotomi), merupakan metode bedah dengan bekas operasi yang relatif lebih lebar dan waktu perawatan lebih lama. 

Sedangkan metode operasi lain dengan laparoskopi menjadi pilihan. Saat ini ada metode operasi dengan Robotic dengan berbagi kelebihannya, karena selain bekas operasinya nyaris tidak terlihat, juga karena lama perawatan lebih singkat dan nyeri pasca operasi lebih ringan. 

Metode Operasi Robotic merupakan jenis operasi terbaru pengembangan dari operasi Laparoskopi konvensional. Operasi dengan Metode Robotic menggunakan robot yang dikendalikan oleh manusia, metode Robotic lebih menguntungkan karena tingkat presisi yang tinggi dan hasil akhir yang lebih baik. Laparoskopi Konvensional masih menggunakan 2 Dimensi sedangkan Robotic sudaah menggunaan 3 Dimensi


Diagnosis dini merupakan pengobatan utama dari mioma uteri sebelum ukurannya menjadi terlalu besar dan menimbulkan gangguan dan keluhan. Beberapa pasien dengan kesulitan untuk hamil ternyata dapat dengan segera hamil setelah operasi pengangkatan mioma uteri. Demikian juga mengenai macam-macam pengobatan yang ada, tentunya dokter anda akan memberikan pilihan pengobatan terbaik yang sesuai dengan kondisi anda.





















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.