Senin, 04 Desember 2017

Olahraga untuk Kesehatan Tulang Belakang

Posted by Bundamedik Healthcare System on 09.00 with No comments
Olahraga untuk Kesehatan Tulang Belakang yang teratur dan aktif setiap hari akan membantu menjaga tulang belakang kita dari pinggang, punggung sampai leher menjadi kuat dan sehat mengurangi resiko nyeri tulang belakang. Kegiatan seperti berjalan, berenang dan yoga adalah pilihan populer. Yang penting adalah memilih kegiatan olahraga yang menyenangkan yang mendapatkan keuntungan tanpa merasa sakit.

Namun Keraguan masih sering dialami bagi yang mengalami keluhan nyeri tulang belakang dengan pertanyaan seperti “Apakah bermain golf memperburuk sakit punggung?” Atau “Apakah berjalan baik untuk pinggang?” Jawabannya adalah “Tidak”. Tidak ada latihan yang sangat baik atau buruk bagi kesehatan pinggang. Setiap latihan adalah baik jika dilakukan pemanasan yang cukup. Disarankan untuk tidak memaksa diri anda, nikmatilah waktu Anda dengan postur yang tepat.

Beberapa pilihan olahraga untuk kesehatan tulang belakang, mencakup pinggang, punggung sampai leher baik untuk melatih kelenturan otot maupun membantu merehabilitasi tulang belakang dan meringankan sakit / nyeri tulang belakang. Antara lain : 


Berjalan dan berlari
Berjalan adalah salah satu latihan dasar yang paling aman, setiap orang dapat menikmati dan melakukan indahnya berjalan terlepas dari kondisi fisik mereka. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa berjalan cepat lebih baik daripada berjalan lambat. Berjalan dapat memperkuat paru-paru dan mengurangi rasa tebal pada kaki dengan mempercepat sirkulasi darah pada tungkai bawah. Berjalan juga menjaga keseimbangan, dan mempermudah pencernaan. Dianjurkan untuk berjalan dua kali sehari (pada pagi dan sore masing-masing, 120 langkah per menit).



Bersepeda
Bersepeda baik untuk membakar lemak dan memperkuat otot paha dan pinggang. Latihan di dalam ruangan lebih aman daripada di luar ruangan. Ketika bersepeda, jangan meregang punggung secara berlebihan, dan juga jangan membungkuk terlalu banyak. Penting posisi untuk berdiri tegak sejenak di sepeda anda dan meredakan ketegangan otot pinggang maupun nyeri tulang belakang di tengah latihan.



Mendaki Gunung
Pendakian baik untuk memperkuat paha dan otot pinggang. Jangan memaksakan diri ketika mendaki karena dapat menambah beban pada persendian dan tulang belakang. Tas yang anda bawa harus ringan, dan tidak boleh memilih jalan yang terlalu curam.



Berenang
Berjalan di jalan setapak lebih disarankan daripada berenang apabila kondisi belum cukup kuat atau yakin untuk melakukannya. Karena berjalan merupakan latihan tulang belakang yang substansial. Memang benar bahwa berenang adalah salah satu latihan yang efektif untuk mencegah masalah tulang belakang, tetapi pasien yang memiliki rasa sakit sebaiknya tidak berenang. Terutama, orang yang menderita spondylolysis dan Sindroma Sendi Facet harus berkonsultasi dengan dokter, dan melakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu sebelum pergi ke kolam renang.

Sumber : DR. dr. M. Wawan Mulyawan, SpBS(K) - RSU Bunda Jakarta



















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.