Sabtu, 09 September 2017

Kenali Penyebab Kelahiran Prematur

Posted by Bundamedik Healthcare System on 09.08 with No comments
Kelahiran prematur merupakan kelahiran yang terjadi sebelum waktunya. Kelahiran prematur terjadi tiga minggu atau lebih sebelum hari perkiraan lahir, atau saat kehamilan belum memasuki usia kehamilan minggu ke 37. Banyak hal yang menjadi penyebab kelahiran prematur. Bayi yang lahir prematur memiliki masalah kesehatan yang lebih serius dibanding bayi yang lahir sesuai waktunya. Beberapa kelahiran prematur masih belum diketahui penyebabnya, namun ada beberapa faktor yang bisa memicu kelahiran prematur. yaitu :
Bayi kembar
Penyebab kelahiran prematur yang pertama adalah bayi kembar. Ibu hamil yang mengandung anak kembar dua atau lebih berpotensi lebih besar melahirkan bayi secara prematur. Hal ini dikarenakan merenggangnya rahim yang terlalu lebar, sehingga pada akhirnya rahim tidak mampu ‘menampung’ bayi-bayinya lebih lama lagi.
Infeksi
Selanjutnya penyebab kelahiran prematur karena adanya infeksi. Jika air ketuban maupun selaput yang membungkus bayi terkena infeksi dapat menyebabkan air ketuban pecah sebelum waktunya. Jika itu terjadi, ibu hamil akan ikut bereaksi dan mengalami kontraksi persalinan. Infeksi ini tidak hanya terjadi pada rahim, selaput pembungkus bayi, maupun air ketuban. Infeksi gigi berlubang pada calon ibu juga diketahui dapat membuat bayi lahir lebih cepat.
Penyakit yang diderita oleh ibu maupun janin
Kondisi kesehatan yang dimiliki oleh calon ibu dan jabang bayi dapat menjadi penyebab kelahiran prematur. Beberapa penyakit yang dapat memicu kelahiran prematur antara lain anemia, darah tinggi, dan diabetes. Disamping itu, kondisi kesehatan bayi yang kurang baik juga memicu terjadinya kelahiran prematur. Perkembangan bayi yang tidak sempurna atau mengalami cacar bawaan akan memicu reaksi persalinan prematur.
Masalah pada tali pusar
Masalah pada tali pusar dapat membahayakan ibu dan bayinya. Ini juga bisa menjadi penyebab kelahiran prematur. Contohnya saja jika bayi terlilit tali pusar. Mau tidak mau tindakan persalinan harus dilakukan untuk menyelamatkan nyawa ibu dan bayinya.
Gaya Hidup
Gaya hidup yang dijalani si ibu tentu juga ikut memberikan dampak pada bayinya. Gaya hidup kurang sehat seperti merokok mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang selama masa kehamilan diyakini dapat memicu terjadinya kelahiran prematur. Disamping itu, stress berlebih dan kurangnya nutrisi yang diasup oleh si ibu juga menjadi salah satu penyebab bayi lahir sebelum waktunya.



0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.