Sabtu, 17 September 2016

Mengintip Kelainan Janin Lewat USG

Posted by Bundamedik Healthcare System on 07.19 with No comments
Metode USG saat ini memiliki banyak manfaat yang selama ini lebih dikenal hanya untuk melihat jenis kelamin janin di dalam perut sang ibu. Manfaat lain USG adalah mendeteksi kelainan dan perkembangan pada janin dalam kandungan.

Teknologi USG adalah pencitraan yang dapat melihat bentuk anatomi tubuh dengan dimensi jarak dan waktu. Fungsi USG yang sebenarnya adalah untuk melihat tumbuh kembang dan kondisi fisik janin.

Ada beragam jenis USG dalam teknologi terkini, di antaranya, USG dua dimensi, tiga dimensi, dan empat dimensi. Untuk USG dua dimensi hanya memperlihatkan gambaran bentuk janin secara datar yang hanya dimengerti oleh dokter. Sementara, USG tiga dimensi dan empat dimensi biasanya lebih jelas dalam menggambarkan anatomi tubuh janin.

Bahkan, untuk USG empat dimensi sekaligus dapat memvisualisasikan anggota tubuh serta aktivitas janin di dalam perut secara lebih detail. "Screening dengan USG dua dimensi saja sebenarnya cukup bila dilakukan pada waktu yang tepat dan tidak ada risiko kelainan yang dikhawatirkan. Tapi, jika ibu atau kehamilan berisiko, maka pemeriksaan USG kehamilan tiga atau empat dimensi berguna mendeteksi kelainan secara lebih detail.

Para ibu sebaiknya melakukan USG pada usia awal kehamilan untuk mengetahui kondisi janin. Dengan begitu, ketika ada kelainan pada janin, dokter dapat segera melakukan tindakan dan alternatif lain.

Pemeriksaan USG yang disarankan oleh dokter biasanya pada trisemester pertama (10 sampai 14 minggu). Ini dapat berguna untuk mendeteksi kelainan down syndrome dengan mengukur nuchal (NT) dan nasal bone (NB).

Sementara, pemeriksaan pada trisemester dua (18 sampai 27 minggu) dilakukan untuk melihat perkembangan dari organ-organ tubuh janin (morfologi). Untuk pemeriksaan pada trisemester tiga (28 sampai 32 minggu), lanjutnya, dilakukan guna menilai pertumbuhan dan perkembangan janin, seperti berat badan, bentuk wajah, dan lainnya.
















0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.